Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Curug Luhur

Curug Luhur

Air terjun menjadi destinasi wisata andalan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat berbagai air terjun dengan keunikannya masing-masing, termasuk Curug Luhur di daerah Bogor ini. Sebagai wilayah yang memiliki topografi cukup tinggi dan berada di sekitar pegunungan, wajar bila Bogor mempunyai banyak obyek wisata air terjun.

Istilah Curug seringkali dipakai di Pulau Jawa, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur. Artinya sendiri adalah air terjun. Sedangkan nama Luhur memiliki makna ‘tinggi’. Tinggi ini mengacu pada ketinggian air terjun yang melebihi deretan air terjun lainnya.

baca juga : Curug Cipamingkis

Di samping itu, Anda juga akan melihat keunikan Curug Luhur yang belum tentu ditemukan pada air terjun lain. Ikuti terus uraian komplitnya di bawah ini untuk mengetahui ciri khas curug tersebut.

Curug Luhur Bogor merupakan bagian dari jajaran obyek wisata air terjun yang ada di kaki Gunung Salak. Ketinggian topografinya kurang lebih 624 meter diatas permukaan laut. Sedangkan alamat lengkapnya berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya dari obyek wisata Kebun Raya Bogor kurang lebih 22 kilometer, sedangkan dari pusat kotanya hanya sekitar 18 kilometer saja.

Waktu tempuhnya pun relatif singkat. Anda menghabiskan waktu di perjalanan tidak sampai setengah jam jika menggunakan kendaran pribadi berupa roda dua. Bila Anda memilih untuk naik mobil pribadi, tentu waktunya lebih lama. Apalagi menaiki kendaraan umum.

Anda pasti sudah penasaran kan dengan apa saja daya tarik Curug Luhur ini? Inilah beberapa suguhan yang akan didapatkan oleh para pengunjung :

Keindahan Air Terjun Tertinggi

Curug Luhur memang mempunyai ketinggian yang cukup memukau, yaitu sampai 62 meter dari permukaan tanah. Namun jika diukur dari atas kolam penampungannya, ketinggian air terjun ini masih di angka 50 meter. Bahkan yang lebih menakjubkan lagi, kolam penampungan air terjun di bawahnya memiliki kedalaman hingga 15 meter. Kemudian pengelola setempat memutuskan untuk memasukkan beberapa material demi keamanan pengunjung.

Kini kedalamannya hanya 7 meter saja.TapiAnda harus tetap berhati-hati, karena di dalam kolam terdapat sebuah pusaran yang bisa menarik siapa saja masuk ke dalamnya.Kabarnya dulu kolam ini pernah memakan korban.

baca juga : Tirta Empul

Wahana Berkonsep Waterboom

Daya tarik kedua inilah yang menjadi ciri khas dari Curug Luhur Bogor. Pernahkah Anda mengunjungi obyek wisata air terjun yang memiliki konsep waterboom di dalamnya? Jika belum, rasakanlah sensasinya di air terjun ini.

Para pengelola membangun beberapa kolam renang yang disesuaikan dengan ketinggian anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan terdapat fasilitas perosotan yang semakin menarik perhatian para pengunjung untuk mencobanya.

Kebanyakan air kolam renang dialirkan dari air terjun tersebut. Jadi, meskipun melakukan aktivitas di kolam renang, Anda tetap bisa merasakan kesejukan air terjun yang mata airnya bersumber dari Gunung Salak. Air yang segar dan lumayan dingin tersebut mampu menghilangkan rasa penat dalam pikiran dan mengembalikan mood Anda. Dengan kata lain, obyek wisata Curug Luhur cocok dijadikan sebagai destinasi liburan keluarga untuk refreshing.

Air Terjun Mini Kembaran Curug Luhur

Anda dapat menemukan pemandangan air terjun lain di sisi Curug Luhur. Warga setempat dan para pengunjung sering menyebutnya sebagai air terjun kembar. Tapi tahukah Anda bahwa air terjun kembaran tersebut ternyata buatan?Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan aliran khusus menuju kolam renang.

Sementara kelebihan dari aliran air yang ada di Curug Luhur ini tidak akan kering saat musim kemarau tiba. Kebanyakan air terjun tidak mengalirkan air lagi ketika musim kemarau, tapi berbeda dengan Curug Luhur ini. Begitu pula sewaktu musim hujan, meskipun debit air berlimpah, tapi sifatnya tetap jernih seperti biasanya.

Tersedia Berbagai Fasilitas Penunjang

Anda akan merasakan kepuasan yang maksimal setelah mendatangi Curug Luhur. Terdapat berbagai fasilitas penunjang yang sengaja disediakan oleh pengelola untuk para pengunjungnya.

Diantaranya adalah warung-warung makanan, kamar mandi, tempat ibadah, bahkan restoran. Ada restoran dua lantai yang sering dijadikan sebagai gardu pandang untuk menyaksikan pemandangan menyejukkan di sekitar air terjun.