Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia

Curug Cimahi

Curug Cimahi

Curug Cimahi Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang belum banyak dikunjungi . Curug atau air terjun Cimahi mudah untuk dijangkau dan terletak persis di pinggir jalan raya kolonel Masturi dan tidak jauh dari Universitas Advent Bandung.

Curug atau juga Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 87 meter. Merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Lokasi Curug Cimahi Bandung

Lokasi Curug Cimahi lengkapnya adalah di Jl. Kolonel Masturi No.325, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat 40551. Letak curug Cimahi relatif dekat dibandingkan dengan objek wisata lainnya serta akses menuju lokasinya pun cukup baik. Untuk menuju lokasi curug cimahi, anda bisa menggunakan banyak jalur alternatif baik dari arah Cimahi, pusat kota Bandung, ataupun dari Lembang. Salah satu akses paling mudah adalah melalui jalur Lembang – Parongpong, satu arah dengan dusun Bambu.

Anda cukup menyusuri jalur tersebut sampai ke terminal angkot Cisarua yang terletak kurang lebih 1 KM sebelum pertigaan ke Dusun Bambu Bandung.

Ikuti terus jalan ini. Patokannya adalah universitas advent. Setelah universitas advent, anda akan melewati turunan, jembatan dan tanjakan. Setelah tanjakan inilah gerbang ke curug cimahi berada. Pintu masuk Curug Cimahi berada persis di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga mudah ditemukan. Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa menuju lokasi menggunakan angkutan kota jurusan Ledeng-Parongpong. dari terminal ledeng di jalan Setiabudi. Kemudian dilanjutkan memakai angkutan jurusan Parongpong-Padalarang sekitar 2 Km dan berhenti di terminal angkot Cisarua.

Jika anda berkunjung ke Dusun Bambu Bandung, maka gerbang lokasi curug cimahi akan anda lewati langsung.

baca juga : Pasar Apung Terbaik di Asia

Sarana

Akses dari gerbang masuk menuju lokasi curug cimahi cukup baik. Anda akan menyusuri tangga turun kurang lebih selama 15-20 menit dengan kondisi bagus dan terawat. Tangganya cukup banyak lho, jadi anda bakal cukup capek saat naik nantinya.  Tetapi, sepanjang tangga banyak terdapat shelter dan tempat istirahat, sehingga anda bisa gampang beristirahat. Disarankan untuk menggunakan sandal/sepatu yang nyaman jika berkunjung kesini.

Perlu diingat kalau tempat wisata ini sekarang memiliki nama lain : air terjun pelangi. Dimalam hari tempat wisata ini juga buka dengan nama lain: air terjun pelangi atau rainbow fall Bandung. Dinamakan demikian karena pada malam hari terdapat fitur lampu hias yang menyala dibelakang air terjun, dan cukup indah untuk dinikmati.

baca juga : 3 Wisata Air Terbaik di Indonesia

Fasilitas

Fasilitas umum terdapat di lokasi curug cimahi antara lain warung, mushalla, kamar kecil, dan tempat istirahat yang cukup. Secara umum kondisi objek wisata ini cukup terawat dan bersih. Selain itu, kondisi airnya pun cukup bersih. Hal ini ditandai dengan banyaknya capung jarum dan kupu-kupu yang biasanya menjadi parameter tingkat kesehatan air di satu tempat . Tempat parkir berada di area dekat gerbang masuk. Sekarang setelah dikembangkan dengan air terjun pelangi, terdapat penambahan beberapa dek untuk pengunjung menikmati suasana sekitar lokasi.