Curug Indonesia,  Jelajah Wisata Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Curug Ciherang

Curug Ciherang

Tidak berlebihan memang bila Bogor disebut sebagai kota favorit warga Jakarta untuk menghilangkan penat. Berbagai macam wahana dan wisata disajikan di kota ini. Setiap kawasannya memiliki keindahan yang sulit untuk dilupakan. Menjadi sebuah kenangan yang akan menghadirkan sebuah kerinduan yang mendalam.

Air terjun Ciherang yang berada di bogor ini. Memiliki pesona eksotis dengan keunikan cerita legenda yang melekat di tempat ini. Selain itu, menikmati curug ini tidak hanya di kawasan air terjunnya saja. Melainkan, ada kawasan wisata yang masih berada di kawasan ini, dan menjadi viral di kalangan media sosial.

baca juga : Taman Wisata Tandurusa

Legenda Curug Ciherang

 

Bisa dibilang curug ini terdiri dari dua curug, oleh karena itu bisa dibilang sebagai curug kembar. Bahkan, mitos yang terjadi di kedua curug ini pun hampir sama. Menurut kepercayaan, siapa yang mandi atau hanya sekedar berkunjung dan mengusap air dari curug ciherang dan cipamingkis, akan mendatangkan berkah dan juga jodoh.

Entah benar atau kah tidak, namanya juga mitos, dimana kalian boleh percaya, boleh tidak. Konon cerita para warga sekitar, kawasan ini mempunyai sebuah legenda bahwa curug ciherang ini digunakan sebagai tempat mandi para raja, sementara kembarannya yaitu curug cipamingkis terdapat penjaga ular naga.

Selain digunakan sebagai tempat mandi para raja, curug ini juga digunakan sebagai tempat pertapaan. Dimana, tempat pertapaan ini sampai saat ini masih sering digunakan. Bahkan, para sesepuh pun mengingatkan akan tempat angker yang terkadang sering menghantui kalian yang datang kemari.

Selain menambah berkat dan juga jodoh, ada beberapa khasiat yang dipercaya oleh warga sekitar dan menjadi daya pikat tersendiri dari curug ini. Dimana, air dari curug mampu mengobati segala jenis penyakit, memberi kebugaran bagi tubuh.

baca juga : Danau Situ Patenggang

Sebenarnya, secara ilmiah, bila curug ini dilihat dari atas, seperti membentuk hewan ular naga yang mungkin, dijadikan sebuah kepercayaan. Entah benar atau tidak, tetap saja kalian harus berhati-hati dikawasan ini. Karena, setiap tempat pasti ada penunggu yang siap mengganggu kalian apabila, kalian memiliki niat yang buruk.

Keunikan Curug Ciherang

Setelah melewati pintu gerbang, kalian harus berjalan kurang lebih 15 menit menuju ke lokasi. Pemandangan yang hijau akan menemani perjalanan kalian, jangan lupa untuk membawa kamera agar mendapatkan hasil foto yang mumpuni. Karena, kawasan ini memang instagramable.

Ketinggian curug ciherang kurang lebih 30 meter dengan debit air yang cukup deras. Disaranakan kalian berhati-hati bila ke sini. Apalagi, yang membawa anak-anak, agar selalu dalam pengawasan dan juga pantauan.

Kawasan ini berbentuk seperti sebuah undakan, jadi ada sebuah cekungan yang bisa dimanfaatkan kalian untuk berendam dan berenang disini. Rasakan kesegaran dan juga kenikmatan air pegunungan yang dingin dan menyejukkan.

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa merasakan bagaimana keindahan pemandangan alam berupa sebuah gunung yang berdiri kokoh di depan mata. Lelahnya perjalanan menuju ke kawasan ini seakan terbayarkan sudah.

Bermain di sini pun juga harus berhati-hati, lantaran ada beberapa batuan yang ditumbuhi dengan lumut, sehingga kondisi batu akan licin. Disarankan untuk tidak memakai sepatu yang licin, karena kalau terpeleset tidak hanya akan malu, melainkan rasa sakit tercipta.

Ada begitu banyak komunitas yang memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat foto-foto, ada pula komunitas gowes yang juga gowes menuju ke kawasan ini. Hebat sekali bukan, pamor dari tempat wisata kebanggaan kota bogor.Rumah Pohon dan jembatan gantung

Seperti yang sudah dikatakan diatas bila kawasan ini mempunyai tempat yang seru untuk menikmati sisi lain dari curug ciherang yaitu, dengan hadirnya rumah pohon dan jembatan gantung. Bila dilihat dari segi konsepnya, rumah pohon ini adalah sama seperti yang ada di malang. Dengan ketinggian kurang lebih 900 mdpl. Lebih tinggi omah kayu di malang.

Sebelum mencapai kawasan rumah kayu ini kalian harus berjalan terlebih dahulu melewati jalan setapak dan membutuhkan tenaga ekstra. Jalanan ini memang sudah bersahabat dengan dibentuk dari bebatuan yang disusun seperti layaknya tangga. Agar siapa pun bisa mengunjungi kawasan ini.

Disini, kalian akan disuguhkan dengan pesona alam yang super duper kece. Pemandangan yang sanggup melelehkan mata ini seakan membayar semua perjuangan lelah dan keringat untuk mencapai kawasan ini.