Berbagai tempat rekreasi,  Jelajah Wisata Indonesia,  Keliling Indonesia,  Tempat rekreasi terkenal,  Tempat Wisata Indonesia,  Tempat wisata paling bagus,  Wisata Keliling Indonesia,  Wisata Nusantara

Curug Cigamea

Curug Cigamea

Salah satu daerah yang seringkali dijadikan destinasi untuk berwisata adalah Bogor. Tahukah Anda obyek wisata apa yang ada di daerah dengan julukan kota hujan tersebut? Kebanyakan orang pasti akan merekomendasikan Puncak.

Namun sebenarnya masih banyak potensi wisata menarik lainnya. Anda bisa mendatangi Curug Cigamea yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Curug dalam Bahasa Indonesia berarti air terjun. Sedangkan Cigamea artinya adalah bergemuruh. Jika digabungkan, nama Curug Cigamea bermakna air terjun yang bergemuruh. Air terjun menjadi obyek wisata yang cukup banyak diminati selain pantai. Apalagi suhu di sekitar air terjun cenderung sejuk dengan udara yang fresh. Anda dapat melihat keindahan air yang terjun dari ketinggian dan merasakan kesegarannya.

baca juga : Air Terjun Tarzan

Daya Tarik Curug Cigamea

  1. Air Terjun Kembar

Daya tarik pertama yang dapat Anda jumpai di Curug Cigamea ini adalah air terjunnya yang berjumlah dua buah. Sebenarnya air terjun ini tidak sepenuhnya kembar, sebab letaknya tak bersebelahan dan memiliki karakter cukup berbeda.

Namun karena memang jaraknya berdekatan satu sama lain, yaitu sekitar 30 meter saja, warga sekitar sering menyebutnya sebagai air terjun kembar. Masing-masing ketinggian curug tersebut adalah 5 meter dan 30 meter.

Air terjun pertama yang Anda lihat jaraknya paling dekat dengan pintu masuk. Air terjun pertama ini memiliki dinding tebing berwarna kehitaman dan didominasi oleh bebatuan.

Volume air yang terjun pun tidak terlalu deras, hanya merambat melalui dinding-dinding tebing saja. Sedangkan kolam penampungan di bawahnya juga tidak begitu dalam dan luas. Anda bisa dengan aman bermain air maupun berenang.

Selanjutnya air terjun yang kedua memiliki tebing yang merupakan perpaduan dari warna hitam dan cokelat. Aliran debit airnya lebih deras dibandingkan air terjun pertama dengan pola yang semakin melebar ke bawah.

Ketinggian dari air terjun kedua ini cukup tersamarkan karena tertutup oleh pepohonan yang rimbun. Untuk kolam penampungannya sendiri lebih dalam dan lebih luas. Anda juga bisa berenang di sekitar sini. Bahkan melompat dari ketinggian tebing pun juga aman. Tapi Anda tetap harus berhati-hati agar tidak cedera.

baca juga : Taman Buah Mekarsari

  1. Monyet-Monyet Penghuni Curug

Pemandangan yang juga tersaji dalam perjalanan Anda dari pintu masuk hingga sampai ke curug adalah adanya monyet-monyet yang berkeliaran. Monyet-monyet ini aslinya penghuni hutan di Gunung Salak yang seringkali turun sampai area air terjun.

Spesies monyet-monyet ini pun beraneka ragam. Warga sekitar mengatakan bahwa monyet-monyet tersebut sudah ada sejak jaman dahulu kala.

Menurut cerita dari warga setempat, terdapat sebuah kerajaan kera di Curug Cigamea ini yang dijadikan tempat ziarah oleh pihak-pihak tertentu yang ingin memperoleh pesugihan. Peziarah tersebut biasanya menyerahkan beberapa sesajen untuk mengetahui respon dari monyet-monyet yang dianggap sebagai perantara ritual.

Tapi tidak semua monyet bisa menjadi perantara. Ciri-ciri monyet perantara adalah ukurannya yang besar dan tinggi setara dengan anak berusia 7 tahun.

Selain itu, para peziarah juga dikatakan beruntung bila yang menerima sesajennya adalah monyet putih. Monyet ini merupakan pertanda baik bahwa maksud dan niat sang peziarah diterima oleh penunggu Curug Cigamea. Sayangnya monyet putih ini termasuk langka dan jarang sekali terlihat.

Apapun cerita yang beredar di sekitar curug silahkan Anda yakini sendiri. Percaya atau tidak itu tergantung dari masing-masing individu. Di sisi lain, bila Anda tidak ingin barang-barang menjadi sasaran jarahan dari kawanan monyet, sebaiknya jangan membawa barang-barang berharga.

  1. Mengabadikan Momen Kecantikan Curug

Datang ke tempat wisata rasanya tidak lengkap bila tidak mengambil beberapa foto. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang cantik. Manfaatkan kesempatan ini sebagai kenangan bahwa Anda pernah mengunjungi obyek wisata kebanggaan Bogor ini.

Tapi berhati-hatilah dengan perangkat Anda baik ponsel maupun kamera, karena biasanya air terjun memiliki percikan-percikan air seperti embun yang bisa membasahi perangkat Anda. Siapkan kain khusus maupun tisu berserat rapat sebelum ke Curug Cigamea.