Uncategorized

Candi Kalicilik

Candi Kalicilik

Ingin berkunjung ke suatu tempat bersama dengan keluarga ataupun sahabat, namun masih bingung harus menentukan untuk pergi ke mana? Kalau begitu coba deh kamu berkunjung ke objek wisata yang satu ini, yaitu Candi Kalicilik. Objek wisata ini terletak di terletak di Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, sekitar 11 kilometer dari arah utara Kota Blitar. Candi Kalicilik memiliki pesona keindahan yang sangat menarik, maka dari itu sangat disayangkan apabila kamu sedang berada di Magetan namun tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke objek wisata yang satu ini.

Bangunan candi yang terbuat dari bata merah ini memiliki denah bujur sangkar dengan ukuran 6,8m x 6,8m serta tinggi 8,3m. Candi Kalicilik terdiri atas tiga bagian, yakni candi, tubuh candi, dan atap candi. Pintu dari Candi Kalicilik menghadap ke barat dan di atasnya terdapat hiasan atau relief kala. Pada sisi utara, timur, serta selatan terdapat relung-relung yang juga berhiaskan kala di bagian atasnya. Di dalam bilik candi terdapat relief Dewa Surya yang dikelilingi oleh sinar matahari. Relief tersebut merupakan relief Surya Majapahit yang merupakan simbol dari masa Kerajaan Majapahit.

baca juga : Candi Kotes

Objek wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik, semua fasilitas tersebut disediakan agar para pengunjung merasa nyaman ketika berada di Candi Kalicilik. Tak jauh dari objek wisata tersebut sudah tersedia area parkir untuk kendaraan roda dua maupun empat, maka dari itu kamu tidak perlu repot lagi mencari tempat parkir untuk kendaraanmu. Rest area juga terdapat di sekitar kawasan Candi Kalicilik untuk pengunjung yang ingin melepas lelah ataupun sekedar bersantai selama berada di sana.

Tempat ibadah juga terdapat tak cukup jauh dari luar kawasan objek wisata tersebut, jadi pengunjung dapat menunaikan kewajibannya setelah selesai berkunjung ke Candi Kalicilik. Selain itu, kamu juga akan menemukan rumah makan dan berbagai toko yang letaknya cukup dekat dengan tempat ibadah. Candi Kalicilik juga cocok lho untuk kamu yang ingin berfoto ria bersama dengan sahabat maupun keluarga, kan sia-sia apabila kamu sedang berada di sana namun tidak mengabadikan berbagai momen seru bersama dengan mereka.

baca juga : Candi Plumbangan

Jika kamu ingin berfoto ria di objek wisata Candi Kalicilik bersama dengan sahabat ataupun keluarga, kamu harus tahu beberapa spot berfoto sehingga hasil fotomu nanti akan terlihat keren. Kamu dapat berfoto baik dari luar maupun di dalam bilik candi tersebut. Kamu juga bisa berfoto bersama relief yang terdapat di dalam bilik candi, dijamin deh hasil foto kamu nanti akan terlihat semakin keren dan tentunya kekinian!

Jika kamu telah menyiapkan rencana untuk berkunjung ke objek wisata ini bersama dengan sahabat dan keluarga, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih. Hal pertama adalah jangan membuang sampah sembarangan untuk menjaga keasrian dari objek wisata tersebut. Siapkan juga kamera ataupun ponsel dalam keadaan baterai yang telah terisi penuh jika kamu ingin berfoto ria ketika berada di sini. Siapkan juga berbagai perbekalan dan perlengkapan yang berguna untuk kebutuhanmu nanti dan dimohon untuk tidak melakukan berbagai tindakan merugikan selama berada di Candi Kalicilik, namun yang terpenting adalah jangan lupa untuk berdoa dan memohon keselamatan selama di perjalanan ataupun ketika berada di objek wisata tersebut ya.