Uncategorized

Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan ini merupakan candi yang terletak di lereng gunung kelud dan berada di pinggir sungai Bladak. Memiliki dua arca di pintu selatan yang konon selalu kembali ke tempatnya ketika dipindahkan dan dua arca dwarapala di atas. Candi yang konon merupakan peninggalan kerajaan majapahit ini memiliki anak tangga yang cukup tinggi dan terbuat dari batu andesit. Bisa jadi ini merupakan tangga untuk menuju ke puncak candi namun karena proses ekskavasi belum selesai sehingga belum diketahui.

Candi Gambar Wetan merupakan salah satu candi prioritas yang di ekskavasi, sudah dua tahun berturut-turut yaitu tahun 2016 dan 2017. Belum ada informasi apakah tahun 2018 juga akan ada ekskavasi di candi gambar wetan ini.

baca juga : Candi Kalicilik

Untuk menuju candi gambar wetan ada dua rute yang bisa dipilih, yaitu melalui Penataran dan melewati Sumberasri. Rute via Penataran : Pertigaan kantor desa penataran belok ke utara – melewati telaga pacuh – Dam sungai bladak – Perkebunan Gambar – Ambil rute ke utara ada petunjuk arah ke Candi Gambar Wetan. Rute via Sumber Asri : Pertigaan garuda sumberasri ambil belok ke timur menuju arah ke Bukit Teletubbbies Blitar – Sampai di perkebunan Gambar – Ada petunjuk menuju ke Candi Gambar Wetan. Kondisi jalan bisa dibilang lumayan, bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat. Hanya saja akses dari perkebunan gambarwetan ke Candi Gambar Wetan agak susah. Jalan didominasi pasir dan kurang aman apabila dilalui kendaraan roda empat, kecuali kalau siap offroad dan kendaraan cukup tinggi.

Candi Gambar Wetan terletak di puncak punden berundak, setidaknya ada tiga lapisan teras. Batu-batu candi disusun seadanya membentuk tangga naik menuju candi utama. Candi utamanya hanya menyisakan bagian batur terletak di lapisan teratas. Pada lapisan paling dasar, hanya terdapat sebuah arca Dwarapala. Sedangkan di lapisan kedua, terdapat dua arca Dwarapala. Salah satu dari mereka bertuliskan angka tahun 1360 Saka (atau 1438 Masehi) di bawah kakinya. Tangga menuju lapisan ketiga sekilas mirip tangga di Kompleks Gunung Penanggungan. Walaupun belum disusun secara rapi, candi utamanya memiliki relief yang menceritakan Bubuksah dan Gagang Aking.

baca juga : Candi Kotes

Pemandangan di sekitar candi sangat indah. Seolah berada di atas langit, Saya bisa melihat daerah dataran yang cukup tinggi dan juga aliran sungai (yang waktu itu jadi aliran lahar dingin) dari Gunung Kelud. Tampak ada tiga orang penjaga; dua di antaranya adalah petugas penjaga kebersihan area candi.

Candi Gambar Wetan berada kurang lebih 7 kilometer dari Candi Penataran. Saya harus melalui jalan menuju kawasan wisata alam Paco sebelum tiba di Perkebunan Candisewu atau Perkebunan Gambar. Dengen menelusuri jalan utama dari Paco ke Candisewu, saya akan bertemu dengan pos jaga kompleks perkebunan. Di sanalah saya menanyakan tempat Candi Gambar Wetan berada, yang ternyata belum beraspal.