Uncategorized

Bukit Senyum

Bukit Senyum

Bukit senyum atau senyum hills adalah area perkebunan warga yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Wisata alam tersebut menyajikan wisata alam pegunungan dengan view yang cukup eksotis. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan sensasi serasa berada di puncak dunia. Senyum hills berlokasi di Ganjarsari, Cikalong Wetan, Ganjarsari, Kec Cikalong Wetan, Kab Bandung. Lokasi tersebut sangat terpencil dan tersembunyi. Karena itulah senyum hills mendapat julukan sebagai surga tersembunyi di Bandung. Kompleks wisata tersebut adalah hutan pinus yang menyediakan berbagai macam fasilitas dan wahana tempat wisata pada umumnya.

Tarif kontribusi tiket masuk senyum hills sebesar 10.000 IDR per orang. Sedangkan untuk tarif parkir motor sebesar 3.000 IDR. Sementara untuk tarif parkir mobil sebesar 5.000 IDR. Waktu operasional dari senyum hills selama 24 jam. Pada siang hari, pengunjung dapat mengeksplorasi setiap sudut bukit yang sangat eksotis. Sedangkan pada malam hari, dimanfaatkan untuk camping.

baca juga : Air Terjun Sigura Gura

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata terbaru di Bandung. Pertama kali senyum hills diresmikan pada 19 April 2017. Mulanya area yang menjadi lokasi senyum hills merupakan perkebunan kopi jenis arabika. Pengelola dari perkebunan kopi adalah penduduk setempat yang berprofesi sebagai petani. Para petani tersebut bergabung dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Sayangnya hasil panen dari perkebunan tersebut kurang produktif. Faktor utamanya adalah tumbuhan kopi tidak mendapat sinar matahari cukup. Sebab di area perkebunan tersebut dipenuhi dengan pepohonan pinus yang menjadi penghalang utama sinar matahari. Dengan hasil panen yang minim, penduduk pun juga menuntut kesejahteraan ekonomi yang lebih layak. Kemudian area perkebunan kopi pun dialih fungsikan sebagai tempat wisata alam yang bernama senyum hills.

Walaupun hanya sekitar ±2 tahun beroperasi, fasilitas yang tersedia di bukit senyum cukup memadai. Dengan fasilitas tersebut dapat membuat para pengunjung menjadi lebih nyaman dan leluasa untuk beraktivitas. Spot utama di senyum hills adalah gardu pandang. Di tempat wisata tersebut tersedia beberapa gardu pandang dengan berbagai macam bentuk. Di gardu pandang tersebut, pengunjung dapat menyaksikan hamparan pegunungan yang sangat luas. Selain itu juga dapat dijadikan sebagai spot foto yang eksotis.

baca juga : Bukit Dolok Tolong

Hutan pinus juga menjadi spot sekaligus sebagai hal utama dalam senyum hills. Di tempat tersebut terdapat ribuan pohon pinus yang menjulang tinggi. Dengan adanya pohon pinus area tersebut menjadi sangat asri dan sejuk. Selain itu dapat juga dijadikan sebagai spot foto dengan background hutan. Di pohon pinus juga tersedia berbagai macam hammock atau tempat tidur gantung. Hammock pun dapat dimanfaatkan untuk bersantai ataupun tiduran. Bahkan dapat juga dijadikan sebagai tempat camping di senyum hills bagi yang tidak membawa perlengkapan perkemahan.

Senyum hills juga dapat dijadikan sebagai area perkemahan. Suasana bukit yang dipenuhi dengan jajaran hutan pinus, akan melengkapi suasana camping. Selain itu, juga dapat menjadi lebih dekat dengan alam. Selain itu, batang dari pohon pinus yang berjatuhan dapat dijadikan untuk pembuatan api unggun. Di area senyum hills telah tersedia beberapa fasilitas pendukung yang berupa fasilitas umum seperti toilet dan musollah. Hal itu merupakan fasilitas umum sebagai penunjang untuk tempat wisata. Sehingga pengunjung pun merasa cukup nyaman dan lebih leluasa. Khususnya bagi muslim yang hendak beribadah. Itulah fasilitas dan sekaligus pesona dari bukit senyum. Kabarnya, tempat wisata tersebut juga akan lebih dikembangkan dengan beberapa spot foto kekinian.