Uncategorized

Bukit Bawang Bakung

Bukit Bawang Bakung

Negeri di Atas Awan memang terdengar seperti salah satu dongeng pengantar tidur. Hamparan awan putih seperti gula-gula kapas. Lembutnya matahari yang baru saja muncul di ufuk Timur, tentunya akan menjadi perpaduan lukisan alam yang indah.

Bagi yang mendengarnya mungkin akan tertawa dan menyebut tempat tersebut hanya khalayan atau imajinasi belaka. Namun faktanya, Negeri di Atas Awan ini benar adanya. Bernama asli Bukit Bawang Bakung atau yang lebih dikenal dengan nama Geredai/Gardai ini berada di Pekon Negeri Ratu, Kecamatan Batu Bekhak, Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

Bukit ini mulai jadi buah bibir khususnya dikalangan fotografer ditahun 2010-2011. Pesona alamnya yang indah tentu saja menjadikannya spot fotografi yang wajib didatangi saat menyambangi Negeri Sekala Bekhak ini.

baca juga : Lembah Hijau Lampung

Keindahan kabut yang terhampar luas ini seperti mendampingi gagahnya Gunung Pesagi dan Gunung Seminung yang tinggi menjulang. Cuaca dingin menambah pesonanya seolah sedang berada di dimensi lain.

Untuk menikmati keindahannya pun tak bisa sembarang. Para wisatawan harus sudah berada di Bukit Bawang Bakung sebelum matahari terbit, sekira pukul 05.00-07.00 Wib. Saat si mentari mulai terbit perlahan, pemandangan luar biasa akan terlihat. Pohon-pohon akan tersembul malu-malu di antara kabut-kabut tebal yang nampak seperti gugusan candi-candi yang elok dipandang mata.

Bukit Bawang Bakung tak begitu jauh dari Kota Liwa, hanya sekitar 20 menit perjalanan dengan menggunakan motor atau mobil. Akses jalan yang ada pun sudah cukup baik. Kendaraan roda dua dan roda empat bisa masuk. Namun, dianjurkan untuk kendaraan roda empat berukuran besar, agar parkir di bawah atau di dekat perkampungan warga karena jalan tidak begitu lebar.

baca juga : Wisata Danau Suoh

Bawang Bakung tumbuh menjadi destinasi pariwisata baru di Lampung Barat. Sebelum sampai di Bukit Bawang Bakung, Anda juga akan melewati perkampungan dengan hamparan sawah dan rumah panggung dengan arstitektur khas Lampung Barat dengan aktivitas masyarakat lokal di pagi hari. Jalan yang berkelok-kelok yang sesekali memperlihatkan pemandangan kabut yang luar biasa akan menambah sensasi anda menikmati Negeri di Atas Awan.

Namun bagi anda yang tidak terbiasa dengan udara sejuk bahkan berpelukan dengan kabut, disarankan untuk membawa jaket. Oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, ditempat ini telah disediakan sarana pendukung berupa WC dan beberapa bangunan berupa gedung terbuka yang bisa dipergunakan untuk mengadakan acara.