Uncategorized

Batu Gantung

Batu Gantung

Legenda Batu Gantung di Danau Toba tentu tidak asing lagi di telinga kita bukan? Sebuah legenda yang sudah sejak lama beredar dari mulut ke mulut bahkan diyakini pernah terjadi. Dan uniknya cerita mengenai asal-usul Legenda Batu Gantung pernah dijadikan sebuah judul dalam sebuah buku pelajaran Sekolah Dasar. Sejak tersebarnya legenda Batu Gantung sejak dulu tetap dihargai masyarakat sebagai kearifan lokal. Hingga saat ini lokasinya yang berada di sekitar Kota Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara sudah menjadi tempat wisata Danau Toba yang wajib dikunjungi.

Lokasi menuju Batu Gantung hingga saat ini hanya dapat dituju dengan menggunakan perahu ataupun kapal, hanya melalui Danau Toba. Dilihat dari geografis lokasi Batu Gantung jika menuju lokasi tersebut agak sulit dilalui dan bisa dikatakan tidak akan bisa dilakukan meskipun dengan berjalan kaki.

baca juga : Pulau Berhala

Sudah menjadi kewajiban dan keharusan, setiap wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba selalu destnasi yang ditawarkan adalah lokasi ini Batu Gantung. Begitu besar daya tarik harus menuju tempat ini, meskipun durasinya hanya sebentar paling lama 20 menit, sudah, dan beberapa wisatan khususnya dari negara luar yang pernah kami tanyakan tidak begitu wow melihat apalagi mendengar informasi Batu Gantung adalah sebuah legenda.

Bisa dikatakan setiap wisatawan yang berkunjung ke lokasi Batu Gantung pada saat mengabadikannya hanya dari bawah (danau) dan arah sejajar dari panatapan di jalan lintas saja. Hanya beberapa saja pengunjung yang memotonya dengan menggunakan kamera drone.

baca juga : Pura Pucak Bon

Saat Anda tiba di tempat ini, Anda akan temui anak-anak berenang ditempat ini meminta Anda untuk melemparkan uang koin ataupun uang kertas ke dalam air Danau Toba. Jika setiap hari ratusan wisatawan melemparkan uang logamnya, pasti ada 1 diantaranya tidak terpungut para akrobator air yang beratraksi. Suatu hari akan menjadi tumpukan harta karun yah.

Jika Anda hendak menuju rute batu gantung, tumpanglah kapal danau wisata biasanya berada di beberapa tempat seperti hotel dan pondok wisata. Kapal wisata, khusus untuk rute menunjukkan wisatawan objek wisata tersebut. Tarif kapal wisata menuju lokasi Batu Gantung di bandrol Rp 15.000 per orangnya. Selamat berlibur.