Uncategorized

Air Terjun Tundolawe

Air Terjun Tundolawe

Air Terjun Tundolawe adalah Sebuah objek wisata air terjun yang berada di  Kota Blitar Utara. Objek wisata tersebut berada di kawasan Perhutani Petak 6 A RPH Gandusari – BKPH Wlingi Kabupaten Blitar. Atau terletak di Dusun Rotorejo Desa Gadungan Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Objek wisata ini dulunya dikenal warga sekitar dengan sebutan air terjun Kucur Lawe. Seiring berjalannya proses pengajuan izin wisata , kini objek wisata ini telah disepakati dengan sebutan baru yaitu Air Terjun Tundolawe.

Nama  atau kata Tundo diambil dari kata tunda yang menunjukkan bahwa curahan air terjun di lokasi tersebut tidak langsung jatuh di permukaan tanah, melainkan mengenai bagian tebing seperti tertunda di bagian bawah air terjun tersebut. Sedangkan kata lawe merupakan  keseragaman nama dengan air terjun yang lain yang berada di wilayah Kecamatan Gandusari tersebut, yaitu air terjun Lawean.

baca juga : Air Terjun Widodaren

Rute jalur menuju Air Terjun Tundolawe ini dapat ditempuh dari berbagai arah. Jika Anda dari luar Kota Blitar. Atau dari selatan dari arah Blitar Kota,ataupun dari Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang. Anda dapat langsung menuju Kecamatan Gandusari kemudian dilanjutkan menuju Desa Gadungan. Jika dari jalan raya provinsi Blitar – Malang,  silahkan memulai perjalanan dari perempatan Pasar Talun mengambil arah utara menuju Kecamatan Gandusari. Dari perempatan pasar Talun tersebut menuju ke utara sekitar kurang lebih 7 kilometer sampai di perempatan Lapangan Sukosewu. Dari perempatan tersebut mengambil arah ke timur sekitar 1 kilometer sampai menemukan pertigaan selatan Kantor Polsek Gandusari. Kemudian ambil jalur kiri melewati depan Kantor Polsek Gandusari. Lalu akan ada perempatan lurus saja ke utara menuju Desa Gadungan melewati Dusun Rejosari. Ikuti jalur tersebut sampai menemukan belokan. terus ikuti jalur tersebut sampai di jalan sumpit urang Desa Gadungan.

Pada titik tersebut pilih arah kanan menuju Bendungan dan PLTA Ngusri. Terus ikuti jalur tersebut sampai area bendungan terdapat pertigaan sebelum bendungan, silahkan ambil arah belok kearah kiri menuju Perkebunan Rotorejo melewati plengsengan di sisi bagian selatan bendungan. Ikuti jalan di tengah-tengah perkebunan kopi sampai menjumpai sumpit urang lagi silahkan ambil arah kanan menuju Perkebunan Rotorejo. Sesampainya  di area perkebunan Rotorejo, Anda sudah memulai perjalanan menuju air terjun Tundolawe  tersebut. Apabila bingung, dapat langsung bertanya pada warga sekitar.

baca juga : Gua Kreo

Setibanya di lokasi Air Terjun Tundolawe ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Suasana yang hijau nan asri menambah  daya tarik wisatawan sehingga betah berlama – lama menikmati panorama yang disuguhkan oleh objek wisata Air Terjun Tundolawe tersebut. Di  lokasi wisata ini Anda dapat mengabadikan dokumentasi dengan berfoto selfie ria ataupunmengambil video wisata alam Anda berasama kerabat atau keluarga Anda. Dijamin ketika teman ataupun orang lain menyaksikan kegiatan wisata Anda pasti  mereka penasaran dan pengin berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Selain memiliki panorama yang begitu indah, Air Terjun Tundolawe ini juga dapat dijadikan sebagai tujuan wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Bagi para pecinta alam, atau penjelajahan dan perkemahan lokasi ini juga dapat dijadikan sebagai tempat menyalurkan hobi tersebut. Penasaran dengan keindahanya langsung datang saja ke lokasi wisata tersebut. Demikian informasi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat.