Uncategorized

Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh Blitar berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Air terjun ini ditemukan dengan tidak sengaja. Pada masanya, tim SAR daerah terkait sedang menyusuri sungai untuk menemukan beberapa warga yang hilang karena terbawa arus sungai. Hingga sampailah tim pada sebuah tempat dengan air yang mengalir pada sebuah batu besar. Masih alami dan terlihat indah. Mulai dari situ tempat tersebut mulai dikunjungi.

Nama Air Terjun Tirto Galuh bakung Blitar Jawa Timur menjadi terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan dalam negeri dan luar negeri belakangan ini. Dalam bahasa jawa, Kedung bisa disebut juga sebagai palung yang ada di sungai. Namun biasanya kedung memiliki tempat yang lebih luas dibanding sungai pada biasanya, dan memiliki aliran sungai yang tenang dibanding air yang dangkal. Sedangkan tirto, dalam bahasa jawa berarti air. Tidak diketahui dengan pasti pemberian nama Galuh untuk air terjun ini.

baca juga : Pantai Gayasan

Daya tarik kedung malang ini adalah bebatuan diatas kedung yang membentuk seperti air terjun. Sehingga anda bisa melihat air terjun di sungai sekaligus bisa menikmati kesegaran mandi di sungai. Selain dikenal dengan Kedung Malang, awalnya tempat ini dikenal dengan nama Tirto Galuh saja. Tidak disarankan untuk datang berwisata ke tempat ini ketika musim penghujan tiba. Hal ini dikhawatirkan bila tiba-tiba ada air bah atau banjir bandang yang sewaktu-waktu bisa datang.

Waktu paling pas untuk mengunjungi Air Terjun Tirto Galuh adalah pada pagi hari. Mengapa pagi hari? Sebab udara masih sangat segar dan belum banyak orang yang bekunjung sehingga jika Anda ingin berfoto ria, Anda bisa memperoleh hasil jepretan yang bagus karena belum banyak orang yang berlalu lalang. Letak Air Terjun Tirto Galuh di Blitar dekat dengan Monumen Trisula. Anda yang berasal dari luar kota atau luar provinsi, jika sudah sampai di Blitar, jangan lupa berkunjung pula taman monumen trisula dan Pantai Tambakrejo, agar hari-hari liburan Anda semakin lengkap.

baca juga : Pantai Gorah

Bila Anda hendak berangkat menuju kedung malang dari kota Blitar, patokan Anda adalah Anda harus menemukan terlebih dahulu monumen trisula. Setelah tiba di monumen trisula, lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan. Pertigaa yang Anda temui terdapat plang informasi lokasi Air Terjun Tirto Galuh. Letak air terjun tersebut berjarak sekitar lima ratus meter.

Sampai di lokasi, Anda bisa memarkir kendaraan di tempat yang disediakan. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Tirto Galuh atau kedung malang ini anda harus berjalan kaki sejauh tiga ratus hingga lima ratus meter. Sehingga dapat dikatakan untuk menuju lokasi ini tidak terlalu sulit. Biaya yang perlu anda keluarkan untuk datang ke lokasi ini hanya untuk membayar parkir. Untuk roda dua hanya sebesar dua ribu rupiah. Belum diperlukan tiket masuk untuk memasuki lokasi. Hal ini karena area wisata belum terdapat banyak fasilitas. Anda hanya perlu membawa perlengkapan sendiri jika akan berenang di sungainya.