Uncategorized

Air Terjun Tearambon

Air Terjun Tearambon

Kapahiang merupakan daerah yang sejuk. Kabupaten penghasil sayur dan padi terbesar di Bengkulu ini memiliki banyak sekali keindahan alam yang sangat mengagumkan. Salah satunya yaitu air terjun bernama Tearambon. Beberapa masyarakat disana kadang juga menyebutnya dengan nama Curug Terambon. Air terjun yang satu ini sangatlah keren dan menakjubkan. Pokoknya recommended, deh, bagi anda pecinta wisata air terjun.

Air Terjun Tearambon berada di Desa Daspetah, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kapahiang, Bengkulu. Apakah anda penasaran kenapa air terjun ini bernama Tearambon? Ternyata tidak hanya asal kasih nama saja, loh. ada asal usulnya tersendiri. Menurut penuturan warga sekitar, nama tersebut diambil karena memang penemunya sering dipanggil Teak Rambon. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Bapak Rambon. Namun lama kelamaan dikarenakan aksen masyarakat sebutan Teak Rambon pun berubah menjadi Tearambon.

baca juga : Air Terjun Sengkuang

Untuk menuju lokasi Air Terjun Tearambon sudah bisa menggunakan kendaraan baik beroda dua maupun empat. Hanya saja akses jalan menuju ke lokasi ini terbilang cukup buruk atau hancur. So, anda perlu berhati-hati.  Pastikan bahwa kendaraan anda dalam keadaan prima. Periksalah khususnya bagian ban dan bahan bakar, ya, supaya perjalanan menuju Air Terjun Tearambon tetap lancar. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju Air Terjun Tearambon sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bengkulu. Jaraknya kurang lebih 2 KM dari Kapahiang. Walaupun memang masih memiliki kekurangan, namun sama sekali tidak mengurungkan niat para wisatawan untuk menyambangi Air Terjun ini. Mereka pun juga berharap semoga kedepannya Air Terjun Tearambon semakin diperhatikan oleh pemerintah. Sebab dengan eksistensi yang terus melunjak, dan banyak wisatawan yang mengunjunginya maka akan berdampak juga pada penghasilan penduduk sekitar dan pemerintah desa.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di sekitar Air Terjun Tearambon, anda pasti setuju bahwa hanya sekilas pandang saja air terjun tersebut tampak menawarkan kesegaran yang luar biasa, seolah rasa letih anda akan langsung sirna saat menceburkan diri untuk berendam atau bermain air di bawah air terjun itu. Perjalanan yang cukup melelahkan pun akan terbayar tuntas. Air Terjun Tearambon memang memiliki debit air dan kejernihan yang sangat mempesona dan mampu membuat banyak pasang mata tersihir. Dulunya, Air Terjun ini tidaklah terlalu populer, namun sekali lagi karena ulah eksistensi para traveler yang hobinya jalan-jalan dan mengeksplore banyak tempat wisata, akhirnya semakin banyak lah muda-mudi yang mendatangi air terjun ini.

baca juga : Air Terjun Ketenong

Fasilitas di Air Terjun Tearamabon pun terus mengalami perkembangan seperti hadirnya lahan parkir, penitipan barang, toilet juga kedai yang menyajikan aneka makanan dan minuman yang dikelola oleh warga setempat. Jadi anda tidak perlu lagi repot bawa bekal dari rumah, karena bisa langsung membelinya disana. Seru, kan, makan-makan ditemani pemandangan air terjun?

Nah, hal yang tidak boleh sampai ketinggalan adalah perlengkapan fotografi anda. Tidak lengkap jika tidak foto-foto. Sebaiknya bawa kamera yang waterproof, ya, supaya lebih aman dan anda pun bisa bergaya sepuasnya sekalipun dibawah air.