Uncategorized

Air Terjun Sigura Gura

Air Terjun Sigura Gura

Dengan ketinggian mencapai 250 meter, Air Terjun Sigura gura merupakan yang tertinggi di Indonesia. Angka ini mengalahkan Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payakumbuh (150 meter) yang berada di Sumatera Barat. Dihiasi tebing-tebing di sekelilingnya serta tumbuhan liar membuat Air Terjun Sigura-gura ini terlihat eksotis meski dari kejauhan, bahkan suara dentuman air yang mengalir deras turut menyejukkan telinga. Aliran air ini rupanya bersumber dari Sungai Asahan, sementara Sungai Asahan sendiri berasal dari Danau Toba.

Kawasan Sigura-Gura tidak hanya sebatas air terjun cantik ataupun bendungan saja. Tetapi lebih dari itu, kawasan sigura-gura memiliki landscape alam yang menawan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba membuat air terjun ini selalu ramai dikunjungi. Siapapun yang berkunjung pastinya akan merasakan sensasi sejuk sehingga mampu menjadikan badan dan pikiran kembali fresh. Dari kejauhan, Air Terjun Sigura-gura akan terlihat seperti air terjun raksasa. Bahkan dari kejauhan pun, suara dentuman airnya akan terdengar dengan jelas.

baca juga : Bukit Dolok Tolong

Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Lokasi ini merupakan dataran tinggi di pinggiran Danau Toba. Jika dihitung dari kota medan Air Terjun Sigura GUra berjarak sekitar 250 km dari pusat Kota Medan. Untuk sampai di kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura, pengunjung yang berada di Kota Medan perlu melakukan perjalanan menuju Kabupaten Toba Samosir. Jarak antara Kota Medan dan Kabupaten Toba Samosir sekitar 250 km.

Pengunjung yang dari luar sumatera utara bisa menuu ke medan terlebih dahulu. Baik melalui jalur udara maupun laut. Jalur laut bermuara di Pelabuhan belawan. Sedangkan jalur udara, bermuara di Badara Kuala Namu. Para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum seperti bus dengan tujuan Kabupaten Toba Samosir. Selama di perjalanan, para pengunjung disuguhi pemandangan Danau Toba yang sangat indah karena memang jalur yang ditempuh berada di tepi kawasan Danau Toba.

baca juga : Pantai Kuala Parek

Tidak jam operasional pasti di lokasi ini. Jadi bsia dikatakan Air terjun Sigura Gura buka 24 jam, namun perlu dipertimbangkan jika igin mengunjungi air terjun saat sudah malam, terutama dari sisi keamanan karena kurang-nya fasilitas penerangan. Untuk memasuki kawasan air terjun sigura gura, pengunjung dikenakan pungutan Rp 10.000 per pengunjung.

Untuk masalah fasilitas, di obyek wisata Air Terjun Sigura-gura pengunjung bisa menemukan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan saat anda berlibur kesana dengan teman-teman atau keluarga. Tersedia Lahan parkir yang lumayan luas dan juga memadai. Selain itu juga tersedia sejumlah toilet umum. Terdapat juga sejumlah Warung atau tempat makan. Di sekitar area sebelum obyek wisata ini anda dapat menemukan warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.