Uncategorized

Air Terjun Sange

Air Terjun Sange

Masih sedikit memang warga di Kabupaten Empatlawang yang mengetahui keberadaan air terjun atau istilah warga Empatlawang, menyebut air terjun dengan sebutan Cuhup.Salah satunya air terjun yang berada di Desa Terusanbaru, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Empatlawang, yakni Cuhup Sange, yang tidak kalah indahnya dengan air terjun yang terdapat didaerah lain.

“Cuhup Sange” begitu warga di Desa Terusan baru menyebut nama air terjun ini. Tidak berlebihan jika warga sekitar menyebut air terjun ini mutiara terpendam di Terusan baru. Air terjun Sange berasal dari aliran sungai Sange yang mengalir dari area bukit barisan di kawasan Empatlawang yang mengalir jernih.

baca juga : Air Terjun Paliak

Menariknya, suasana air terjun yang masih alami dan berada di antara perbukitan asri akan nampak terlihat ketika anda tiba dilokasi. Rasa lelah ketika diperjalanan menuju lokasi langsung terbalaskan setiba dilokasi air terjun yang memiliki dua tingkat dan berukuran cukup tinggi ini.

Pengunjung juga bisa berenang pada tingkat pertama. Namun, karena belum di kelola secara maksimal, untuk menuju ke tingkat pertama, anda harus memutar beberapa kilo dengan berjalan kaki melintasi semak atau bagi yang punya peralatan bisa sekalian dari atas untuk turun sembari melakukan panjat tebing.

Bagi warga yang hendak berkunjung ke lokasi cuhup Sange ini tidaklah sulit. Dari kota Tebing tinggi untuk menuju Desa Terusanbaru hanya ditempuh dengan jarak sekitar 7 km dan kembali menempuh waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Pengunjung bisa menumpang kendaraan angkutan desa maupun ojek gandeng (Bentor) yang cukup banyak lalu-lalang.

Sesampai di Desa Terusan baru, pengunjung bisa langsung bertanya kepada masyarakat. Seperti kebanyakan orang timur, warga Desa Terusan baru akan dengan ramah memberi tahu jalan menuju lokasi.

baca juga : Air Terjun Batu Betiang

Dari Desa Terusanbaru menuju lokasi hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua, karena akses menuju lokasi masih berupa jalan setapak itu pun hanya sebagian jalan telah dibangun dengan cor semen, sisanya jalan masih berupa tanah melintasi perkebunan penduduk dan hutan, di tempuh dengan waktu sekitar 15 menit menggunakan sepeda motor.Namun sebelum menuju lokasi, tidak salah jika calon pengunjung telah menyiapkan bekal terlebih dahulu berupa makanan dan minuman sebelum berangkat ke lokasi cuhup walaupun bisa saja pengunjung untuk bolak-balik ke desa dalam waktu singkat.

Biasanya cuhup Sange ini kerap didatangi pengunjung para remaja, anak sekolahan dari Tebing tinggi di hari libur, serta dikunjungi warga sekitar Tebing tinggi Empatlawang yang sekedar mandi. Menurut di Desa Terusan baru cukup banyak terdapat potensi air terjun. Di dalam wilayah desanya saja, sedikitnya terdapat tiga lokasi air terjun diantaranya Cuhup Sange, cuhup Embun dan Cuhup Tiga Cungku.