Uncategorized

Air Terjun Samparona

Air Terjun Samparona

Sulawesi Tenggara memiliki banyak sekali obyek wisata yang indah dan menarik yang memiliki daya saing dengan wisata diluar negeri. Meskipun wisatawan lokal belum mengetahui obyek wisata ini padahal di sana terdapat keindahan alam yang tidak kalah dari negara-negara lain. Banyak sekali macam jenis pariwisata di Provinsi Sulawesi Tenggara dari pariwisata bahari, pariwisata edukasi, pariwisata alam dan lain sebagainya, Salah satu obyek wisata yang harus anda kunjungi di sana adalah, Air Terjun Samparona.

Indonesia negara dengan banyak kelebihan sumber daya alam, sumber daya pariwisata, dimana banyak sekali obyek wisata yang sangat bagus yang hanya saja belum terekspos oleh publik, seperti halnya Air Terjun Samparona ini air terjun  ini terletak di kawasan hutan lindung Samparona, Desa Lipumangau Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara, menuju Air Terjun Samparona memiliki ketinggian 45 meter dan diperlukan perjuangan dan tenaga ekstra, karna jalan yang kita lewati hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, tapi disinilah keindahan salah  satu bukti keindahan tanah air Indonesia kita saksikan secara nyata dihadapan kita.

Pariwisata Air Terjun samparona masih perlu banyak diangkat kepublik mengenai keindahannya, publik Negara Indonesia harus tahu bahwa ada sebagian kecil surga ada di tanah Sulawesi Tenggara lebih tepatnya di Kabupaten Buton.

baca juga : Pantai Tanjung Bemban

Kegiatan hunting foto ini wajib dilakukan setelah melakukakan perjalanan penuh perjuangan ,dan saran saya bawa kamera atau smartphone kedap air karna udara disekitar Air Terjun Samparona berembun, kita bisa melakukan Hunting foto diatas air terjun ,dibawah air terjun dan dibatu batu sekitar air terjun pastikan berhati-hati dan ada lagi spot foto yang paling favorit yaitu di kawasan hutan pinus samparona kita akan sering menjumpai pohon pinus disepanjang jalan menuju Air Terjun Samparona.

Fasilitas yang tersedia di Air terjun Samparona sangat standar cenderung kurang karna obyek wisatanya belum maksimal tersentuh oleh pemerintah lebih tepatnya Kementerian Pariwisata. Jadi disarankan membawa bahan makanan sendiri jangan terlalu banyak karna bisa membebani selama perjalanan, bawah bahan makanan dan barang secukupnya saja, guna meminimalisir kecelakaan akibat beban berat.

Satu-satunya rute yang bisa kita gunakan adalah rute darat, dari Kota Bau Bau kita melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 16 km dan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Jalanan yang memacu adrenalin kalau belum maksimal tersentuh pembangunan pemerintah, setelah itu kita menuju tempat pakrir mobil berjarak 500 meter setelah itu kita harus jalan kaki menuju pusat wisata Air Terjun Samparona.

baca juga : Pantai Panau

Jarak yang kita tempuh sejauh 4 km tips tambahan pakailah alas kaki yang nyaman karna jarak dilewati jauh, beberapa tips sebelum melakukan perjalanan ke Air Terjun Samparona pastikan keadaan badan sehat sebelum ke lokasi wisata, untuk yang tidak suka aktifitas tracking sebaiknya anda berfikir kembali karna sebagian besar rute yang dilewati dengan berjalan kaki.

Saat kita berkunjung disaat debit air terjunnya kurang kita harus turun lebih ke bawah karena air terjunnya berada di posisi samping. Untuk melewati turunan ini kita harus melewati pinggir tebing air terjun menggunakan rotan yang sudah disiapkan.