Uncategorized

Air Terjun Ondo Rante

Air Terjun Ondo Rante

Air Terjun Ondo Rante tepatnya berada di kawasan hutan lindung Gunung Kelud bagaian sebelah selatan. Jaraknya kurang lebih enam kilo meter dari perkampungan utama Desa Sumberasri. Untuk mencapainya, terlebih dahulu pengunjung harus melewati Dusun Gambar yang berada di timur desa.

Dusun ini jaraknya kurang lebih tiga setengah kilometer dari pusat desa atau berada dilokasi perkebunan cengkeh PT. Perkebunan dan Dagang Gambar.

baca juga : Air Terjun Tundolawe

Sayangnya hanya sampai di dusun ini pula pengunjung bisa mengendarai apapun jenis kendaraan yang digunakan. Sepanjang lima ratus meter dari Dusun Gambar menuju ke lokasi Air Terjun Ondo Rante belum ada akses jalan yang memadahi. Yang tersedia hanya jalan setapak yang dibuat oleh warga setempat, itupun setelah melewati sebuah anak sungai yang mengalir ke Kali Badak disisi Desa Sumberasri.

Cukup menantang perjalanan untuk mencapai Air Terjun Ondo Rante. Selain hanya tersedia jalan setapak, pengunjung harus ekstra hati-hati. Maklumlah, namanya juga didalam hutan lindung. Apalagi pada musim hujan seperti sekarang. Kondisi jalannya licin disertai dengan segala macam rumput liar yang tumbuh dengan subur. Ketika telah sampai di Air Terjun Ondo Rante, perjuangan kita dijamin tidak akan sia-sia. Buih-buih airnya akan segera mengusir rasa penat selama perjalanan kita. Dan suasananya yang asri akan mengisi kembali energi kita pada saat akan kembali nanti.

baca juga : Air Terjun Widodaren

Air Terjun Ondo Rante tampak begitu anggun. Air yang jatuh dari ketinggian sekitar tiga puluh meter itu meliuk-liuk tertiup angin seolah sedang menari-nari. Sepertinya dia juga sengaja ingin mengundang siapapun agar datang lalu memeluknya. Dan meskipun pagi hari air yang jatuh di dasar Air Terjun Ondo Rante tak terasa dingin. Terasa hangat karena Air Terjun Ondhorante berasal dari air kawah Gunung Kelud. Jangan heran pula, air yang bening dan segar ini berbau belerang. Aromanya? Tentu akan mengundang sensasi tersendiri.

Nama Ondo Rante adalah pemberian orang nomor satu di Kabupaten Blitar, Bupati H. Herry Noegroho. Ondo Rante sendiri diambil dari cerita sejarah pada jaman Jepang. Kata orang-orang disana, dulu di sekitar lokasi air terjun ini terdapat rante yang dalam Bahasa Indonesia berarti rantai sebagai alat untuk melarikan diri para pejuang kita saat dikejar-kejar penjajah.