Uncategorized

Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean

Walaupun kota kecil, Blitar mempunyai banyak sekali tempat tempat yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Selain dikenal sebagai kota pahlawan, potensi alam kota Blitar juga boleh di bilang sangat bagus, terlihat dari beberapa pantai indah yang berjajaran di sepanjang Blitar selatan, air terjun yang memiliki keunikan tersendiri dan salah satunya yang kini mulai di perbincangkan akan keindahannya adalah Air Terjun Lawean.

Air Terjun Lawean merupakan air terjun yang terletak  di kawasan perkebunan kopi Kawisari, Semen, Gandusari, Kab Blitar. Berbagai macam tanaman tampak merambat di bebatuan tempat air mengalir. Minimnya informasi tentang air terjun lawean ini membuat banyak orang merasa bingung tentang informasi lokasi dan cara menuju lokasi. Karena sebenarnya air terjun lawean ini bukanlah sebuah tempat wisata. Tidak ada fasilitas wisata apapun di tempat ini.

baca juga : Air Terjun Jurug Jumeg

Air Terjun lawean saat ini masih berupa sebuah air terjun biasa yang masih sangat jarang dikunjungi. Tidak banyak juga yang bisa dilakukan di air terjun ini selain untuk melihat keindahan air terjun. Demi keamanan juga sangat disarankan untuk bermain air di sini, karena struktur bebatuan yang rapuh dan mudah untuk longsor. Biasanya wisatawan yang mampir ke air terjun lawean ini mau pergi ke perkebunan teh sirah kencong, karena berada dalam satu rute apabila melalui desa semen.

Dari Pasar Semen, Gandusari ambil ke kanan arah Perkebunan Teh Sirah Kencong. Sesampainya di Gerbang masuk Perkebunan Kawisari lurus terus sekitar 2 km. Pada salah satu tinkungan ada jalan turun ke bawah, silakan turun dan ikuti sejauh 2 – 3 km. Air terjun laweyan berada di kanan jalan. Jalan kaki kurang dari 5 menit sampai di air terjun Laweyan.

baca juga : Siraman Gong Kyai Pradah

Kendaraan yang bisa menuju lokasi air terjun ini adalah kendaraan roda dua. Kendaraan roda empat sebenarnya bisa namun tidak ada tempat parkir. Mengingat ini merupakan kawasan perkebunan swasta, satu-satunya jalan digunakan untuk akses kendaraan perkebunan. Apabila ada kendaraan roda empat yang parkir, akan menghambat perjalanan kendaraan perkebunan, mengingat jalan yang sempit. Jadi sangat tidak disarankan untuk ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini pastinya kamu harus mengetahui dong apa saja fasilitas yang terdapat di tempat wisata yang satu ini, jangan sampai kamu tidak tahu apa-apa soal fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Untuk fasilitasnya sendiri, di sekitar kawasan pemandian ini terdapat banyak fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap dan memiliki area parkir yang sangat luas, jadi kamu tidak perlu khawatir jika datang kesini pada waktu liburan. Selain itu disepanjang kawasan tempat wisata ini juga terdapat sebuah wc umum jika kamu ingin membuang air kecil maupun besar, dan terdapat juga rumah makan jika kamu merasa lapar.