Uncategorized

Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Merangin. Air terjun ini dipercaya mampu melancarkan jodoh bagi setiap orang yang mengunjunginya. Selain itu, air terjun ini juga menawarkan panorama alam yang indah dan menawan. Kabupaten Merangin merupakan salah satu daerah di Jambi yang dikenal memiliki alam asri dan terjaga. Tak heran, di daerah ini banyak tersebar tempat wisata alam yang menawan serta mampu mempesona pandangan wisatawan. Salah satunya adalah Air Terjun Kolam Jodoh, yang dipercaya mampu melancarkan jodoh bagi para pengunjungnya.

Tak hanya dipercaya memudahkan jodoh, Air Terjun Kolam Jodoh juga menyajikan sebuah air terjun yang eksotis. Air terjun mungil lengkap dengan kolam kecil dibawahnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana asri dan rindang yang diciptakan berkat pepohonan semakin membuat tempat ini nampak memukau. Secara administratif, letak Air Terjun Kolam Jodoh berada di Desa Biuku Tanjung, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Jaraknya pun tak terlalu jauh dari Kota Bangko, hanya sekitar 20 kilometer saja yang bisa ditempuh dengan naik mobil atau motor selama kurang lebih 15 menit hingga 30 menit. Lokasi air terjun ini juga sangat dekat dari Teluk Wang Sakti yang sering digunakan untuk olahraga rafting.

baca juga : Bukit Pabes

Selama perjalanan pengunjung akan dihadapkan dengan jalur yang berkelok, serta dipenuhi tikungan-tikungan ekstrim. Tak heran memang, karena jalur ini menjadi jalur menuju ke Kerinci yang notabene merupakan daerah pegunungan. Wisatawan harus berjalan menuruni ratusan anak tangga sebelum tiba dilokasi air terjun. Memang perjalanan ini cukup melelahkan, tetapi wisatawan akan ditemani rindangnya pepohonan hijau dikiri kanan tangga sehingga suasana cukup asri bisa mengobati rasa penat. Semakin jauh menuruni anak tangga, suara gemericik air terjun pun akan kian terdengar jelas.

Saat tiba dilokasi, pengunjung pun bisa langsung menceburkan diri ke kolam yang dipenuhi dengan air. Air Terjun Kolam Jodoh ini memiliki air yang cukup jernih dan segar. Tak seperti air terjun lainnya, air terjun ini tak begitu tinggi dan lebih mirip seperti curug mini. Meskipun kecil, air terjun ini tetap memikat dan memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Air Terjun Kolam Jodoh secara turun temurun dipercaya mampu memudahkan jodoh bagi setiap orang yang mengunjunginya. Tak heran banyak sekali para pemuda yang datang dan berharap agar segera ditemukan dengan jodoh mereka. Asal-usulnya pun masih belum diketahui hingga kini, namun banyak yang telah membuktikan kebenarannya.

baca juga : Arung Jeram Dayang Reginang

Air Terjun Kolam Jodoh masih merupakan kawasan dari Geopark Merangin dan sangat dekat dari Teluk Wang Sakti. Biasanya, para penghobi olahraga arung jeram akan menyempatkan diri mampir ke air terjun untuk bersantai usai mengarungi derasnya sungai. Entah sekedar menikmati panorama atau mandi di segarnya air kolam. Disekitar air terjun banyak dijumpai penampakan batuan-batuan besar yang semakin mempercantik keindahan pemandangan. Selain itu, adanya pepohonan hijau disekitar membuat suasana sangat asri, dan alami. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk bertamasya menikmati kebersamaan dengan keluarga dikala akhir pekan atau liburan tiba.

Tak hanya itu saja, usai menikmati keindahan Air Terjun Kolam Jodoh, wisatawan bisa berkeliling dengan naik rakit atau sampan di Sungai Batang Merangin. Mampir di Teluk Wang Sakti pun bisa menjadi alternatif yang menarik. Wisatawan bisa menikmati panorama indah di Teluk Wang Sakti dengan bersantai di gazebo-gazebo yang telah disediakan.