Uncategorized

Air Terjun Ketenong

Air Terjun Ketenong

Kabupaten Lebong memiliki potensi destinasi wisata alam yang sangat luar biasa. Salah satu destinasi wisata yang wajib untuk di kunjungi di Kabupaten Lebong adalah Air Terjun Ketenong. Pesona Air Terjun Ketenong, Lebong ini sangat cantik dan memukau untuk dikunjungi.

Secara administratif Air Terjun Ketenong terletak di Desa Ketenong Satu, Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Berjarak 17,8 km dari pasar Muara Aman dengan waktu tempuh kurang lebih 1jam perjalanan menggunakan kendaran sepeda motor. Selama perjalanan menuju Desa Ketenong kita akan melewati pedesaan yang sejuk dengan susunan Rumah tradisional Kabupaten Lebong. Bukan hanya bisa melihat Rumah-rumah tradisional yang membuat perjalanan begitu terasa menyenangkan kita juga akan melihat pemandangan kokohnya perbukitan yang mengelilingi Kabupaten Lebong.

baca juga : Air Terjun Donok

Setelah masuk ke Desa Ketenong kita bisa melihat betapa indahnya Air Terjun Ketenong dari kejauhan yang berada diantara perbukitan yang menjulang tinggi dan hijau. Untuk bisa mencapai Air Terjun Ketenong kita akan melewati persawahan warga Desa, melewati aliran sungai, dan menembus lebatnya hutan yang masih sangat asri. Dari Desa Ketenong Satu menuju Air Terjun akan memakan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan berjalan kaki. Selama diperjalanan pun akan terasa sangat mengasikkan karena perjalanan akan melewati persawahan hinggi menembus hutan yang sangat lebat dan masih sangat asri.

Setelah masuk kawasan hutan perbukitan, selama perjalanan kita akan menjumpai beberapa anak air terjun nan indah, juga terdapat batu yang sangat besar yang berada di jalur menuju Air Terjun Ketenong. Biasanya pengunjung akan beristirahat di bawah Batu ini sembari mengabadikan moment perjalanan dengan latar Batu yang Sangat besar. Perjalanan selama 30 menit sudah dilewati dan kita akan sampai di lokasi Air Terjun ketenong. Air Ketenong memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan dikelilingi rumput hutan yang rindang dan sangat sejuk pastinya akan memberikan kesan yang sangat luar biasa di Air Terjun Ketenong.

baca juga : Air Terjun Bukit Hitam

Dengan ketinggian yang mencapai 50 meter ini pastinya akan membuat kita tak ada hentinya mengucap syukur atas keindahan ciptaan yang maha kuasa. Air yang sampai kebawah pun juga seakan menjadi embun yang bertebaran yang membuat suasa semakin terasa sangat menarik.

Karena Air Terjun Ketenong berada di dalam hutan perbukitan yang sangat lebat baiknya jika mau berkunjung ke Air Terjun kita  mengajak atau meminta di antar oleh penduduk setempat. Tidak menggunakan sepatu atau sendal yang relatif licin jika basah karena nantinya akan melewati jalur sungai yang berbatu dan hutan yang cukup basah. Bawalah cemilan dan makanan karena tidak ada penjual makanan ataupun warung dilokasi Air Terjun Ketenong tersebut.