Uncategorized

Air Terjun Jambuara

Air Terjun Jambuara

Sumatera Utara memang mempunyai destinasi alam indah yang tak terhitung. Tak hanya Danau Toba saja, tanah asal masyarakat Batak ini ternyata juga punya tempat liburan asik nan asri. Air Terjun Jambuara Indah bisa jadi pilihan Anda untuk menghabiskan akhir pekan dengan petualangan yang menantang. Terletak di Desa Aek Komangin, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, jarak destinasi ini hanya 183 km dari pusat kota Medan.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan air terjun yang menjulang setinggi 30 meter di tengah tebing yang gagah. Hijaunya pemandangan juga akan semakin membuat Anda rileks dan lupa akan rutinitas harian. Untuk bisa datang ke tempat ini, Anda perlu menempuh waktu 4 hingga 5 jam dari kota Medan menggunakan mobil. Dengan membayar Rp5.000, Anda sudah bisa masuk ke areal air terjun yang mulai terkenal pada tahun 2015 ini.

baca juga : Taman Hewan Pematang Siantar

Sebelum sampai ke areal air terjun, Anda akan menyusuri kebun kelapa sawit yang menjadi komoditas Provinsi Sumatera Utara. Selanjutnya, Anda akan berhenti di tempat parkir sebelum melanjutkan perjalanan karena jalan yang dilalui hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki saja. Jangan lupa untuk beristirahat sejenak dengan membeli makanan dari warung-warung yang tersedia.

Perjalanan Anda belum selesai untuk melihat titik surga Simalungun. Anda masih perlu berjalan sepanjang 200 meter agar sampai ke titik air terjun. Walau sedikit curam, namun jangan khawatir, masyarakat setempat sudah memperbaiki jalan agar lebih mudah diakses oleh pengunjung. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, rasa lelah Anda akan terbayar dengan melihat dan mendengar deburan Air Terjun Jambuara Indah yang deras.

baca juga : Pemandian Alam Simatahuting

Air dari sungai yang berada di atas tebing langsung terjun dengan derasnya ke dalam lembah yang berisi bebatuan berwarna putih dan hitam. Percikan air yang jatuh akan membuat Anda langsung tenang dan segar kembali. Pohon-pohon yang berada di sekitar air terjun juga semakin menambah keasrian pemandangan yang ada. Anda bisa bisa mandi di lembah maupun menikmati bekal sambil menghayati keindahan Tuhan.

Namun perlu diperhatikan jika Anda hendak berenang di air terjun ini, pastikan Anda tidak berada terlalu dekat dengan air terjun. Hal ini dikarenakan air yang mengalir cukup deras dan untuk menghindari Anda terseret arus sungai. Maka dari itu, Anda juga perlu memperhatikan sikap agar bisa berlibur tanpa membahayakan diri sendiri.