Uncategorized

Air Terjun Batu Betiang

Air Terjun Batu Betiang

Masyarakat Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebut air terjun ini Telun atau Bioa Telun, dalam bahasa Rejang artinya Air Terjun/Air Jatuh . Saat ini air terjun tersebut populer dengan sebutan Air Terjun Batu Betiang. Tak banyak masyarakat dan pengunjung yang tahu kenapa air terjun tersebut dinamai Batu Betiang. Menurut beberapa warga penyebutan air terjun Batu Betiang karena susunan batu yang rapi di sisi kanan dan kiri tepat di samping jatuhan  air terjun dan berbentuk balok-balok seperti di ukir oleh tangan manusia.

Air Terjun ini berada di kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Resort Rejang Lebong, yang merupakan bagian dari wilayah kerja Balai Taman Nasional Kerinci Seblat Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Bengkulu-Sumatra Selatan. Perjalanan menuju air terjun ini bisa di tempuh melalui ibukota Kabupaten Rejang Lebong yaitu Curup sekitar kurang lebih 30 Menit menggunakan kendaraan bermotor.

baca juga : Air Terjun Tearambon

Sesampainya di Desa Babakan Baru yang merupakan desa dekat perbatasan antara Kabupaten Rejang Lebong dan Lebong, kemudian Traveler menempuh perjalanan kembali ke dusun terakhir sebelum memasuki kawasan TNKS yang merupakan pintu masuk menuju air terjun Batu Betiang yaitu dusun Merasi. Sebelum merencanakan untuk berpetualang ke air terjun tersebut Ada baik nya Traveler  mengurus Surat Izin Memasuki Kawasan (SIMAKSI) terlebih dahulu, karena kawasan ini merupakan hutan konservasi yang tidak sembarang pengunjung bisa memasukinya.

Sampai di dusun Merasi, perjalanan menuju air terjun Batu Betiang tidak bisa di tempuh menggunakan kendaraan, diperlukan waktu hingga 2 jam lebih dengan berjalan kaki. Bagi Traveler yang membawa kendaraan roda dua atau roda empat bisa menitipkan kendaraan tersebut kerumah warga di sekitar dusun Merasi. Awal perjalanan menuju air terjun Batu Betiang, Traveler akan disuguhi pemandangan bentangan sawah milik petani Desa Babakan baru atau sekitarnya,  jalur yang akan di tempuh tidak lah sulit, cenderung landai dan ada juga beberapa tanjakan sebagai pemanasan, sangat cocok bagi petualang pemula, di bagian kanan jalur tracking kebun kopi milik warga jadi pemandangan tersendiri bagi Traveler dan juga di sisi kiri terdapat aliran sungai yang bersumber dari aliran air terjun Batu Betiang, jernih berwarna biru kehijauan.

baca juga : Air Terjun Sengkuang

Namun, sebelum melakukan perjalanan ada baik nya Traveler menentukan  pemilihan sepatu yang tepat , karena apabila musim hujan jalan untuk menuju air terjun sangat licin dan berlumpur, disarankan menggunakan sepatu yang tahan air (Waterproof) dan menutupi sampai ke atas mata kaki. Sepatu Boot sangat direkomendasikan apabila melakukan perjalanan saat musim hujan.

Hanya terdapat satu jalur untuk menuju air terjun Batu Betiang, jadi para Traveler tidak perlu khawatir  tersesat ketika melakukan perjalanan. Selain itu, di setiap perjalanan bisa dipastikan Traveler akan bertemu masyarakat sekitar yang kebunnya berada di sekitar kawasan TNKS sehingga apabila Traveler bingung dengan jalur menuju air terjun bisa bertanya langsung kepada masyarakat yang melintas. Di tengah perjalanan nantinya Traveler juga akan menemukan Tapal Batas antara Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Lebong.