Uncategorized

Agrowisata Belimbing Karangsari

Agrowisata Belimbing Karangsari

Salah satu fakta lain dari kota Blitar yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah jika kota ini mempunyai komoditi buah andalan, belimbing. Dan salah satu kebun belimbing di sana yang bisa anda datangi adalah Agrowisata Karangsari di mana anda tidak hanya bisa belajar lebih lanjut tentang belimbing tapi juga bisa langsung memetik dan memakannya. Agrowisata Karangsari adalah sebuah wisata agro yang terletak di Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Obyek wisata yang satu ini selalu dipadati pengunjung terutama saat akhir pekan tiba atau pada tanggal merah. Tidak hanya wisatawan lokal, ada juga turis asing yang datang demi melihat kebun belimbing yang ada di tempat ini.

Berderet-deret pohon buah belimbing dengan buahnya yang terlihat segar menggantuk dari dahan pastilah memberikan suatu sensasi asri dan kesegaran tersendiri pada mata jika anda jenuh dengan kepenatan kota besar dan kemacetan jalannya. Sangat disarankan jika anda berkunjung ke kota Blitar anda harus mampir ke agrowisata yang satu ini karena pesona yang dimilikinya bisa membuat anda betah berlama-lama di sana. Memasuki kawasan wisata yang mempunyai luas sekitar 5 hektar itu anda akan langsung disambut oleh replika belimbing raksasa yang juga menjadi ikon dari tempat pariwisata yang telah dirintis sejak tahun 2007 ini. Bergeser ke arah timur, anda bisa langsung menemukan kebun belimbingnya.

baca juga : Telaga Rambut Monte

Jenis belimbing yang tersedia di kawasan Agrowisata Belimbing Karangsari ini adalah Belimbing Karangsari Merah. Yang memiliki bentuk besar, warna orange dan rasa yang manis, bahkan lebih manis dari jenis belimbing lainnya. Dihuni sekitar kurang lebih 2000 pohon, anda bisa bebas menyusurinya dan juga memetik buah yang telah matang, selain itu anda bisa juga melihat budi daya belimbing bahkan sampai tahap pasca panennya. Di sini juga tidak hanya buah segarnya yang bisa anda temukan, tetapi berbagai macam olahan belimbing.

Ada beberapa fasilitas yang bisa anda dapatkan di tempat ini, seperti area parkir yang disediakan bagi para pengunjung, kamar mandi umum, juga jika anda datang anda akan langsung mendapatkan welcome drink yang diolah penduduk lokal di desa tersebut yang pastinya tebuat dari belimbing yang rasanya sangat manis dan legit. Untuk area makan lainnya anda sayangnya tidak bisa menemukan di dalam area Agrowisata Karangsari namun ada di daerah sekitarnya yang sebenarnya adalah milik dari penduduk lokal. Untuk penginapan sendiri anda bisa mencari di dekat Agrowisata Karangsari, beberapa di antaranya memiliki harga yang terjangkau.

baca juga : Perkebunan Teh Sirah Kencong

Untuk anda yang ingin membawa pulang hasil petikan, sayang sekali tidak bisa gratis, namun jangan khawatir karena harga yang dikenakan cukup murah yaitu 10.000 per kilonya. Jadi jangan lupa petik juga untuk oleh-oleh saat anda pulang nanti. Jika anda diwajibkan membayar saat anda akan membawa pulang belimbing hasil petikan anda, jangan takut anda akan dibebankan biaya yang sama jika anda mengambil foto di tempat tersebut karena pengelola Karangsari membebaskan pengunjung untuk berfoto sesuka hati mereka. Ada beberapa spot foto yang bisa anda dapatkan di Agrowisata Karangsari, yaitu di depan replika patung belimbing raksasa atau saat anda menelusuri kebun-kebun belimbing.

Jika anda ingin mengeksplor lebih jauh anda juga bisa menelusuri gang-gang yang ada di desa Karangsari karena di sana banyak penduduk yang bekerja sebagai petani belimbing, atau bahkan mengelola belimbing menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat.