wisata-hantu
Jelajah Wisata Indonesia

3 Tempat Wisata Berhantu di Indonesia

3 Tempat Wisata Berhantu di Indonesia

Indonesia terkenal akan banyak tempat wisata yang keindahan alamnya sangat memukau, mulai dari pantai, gunung, dan masih banyak lagi. Tempat wisata di Indonesia juga menyimpan misteri tersendiri, seperti tempat yang angker atau seram. Tetapi masyarakat jaman millenial kini tak punya rasa takut, masyarakat justru dengan sengaja mendatangi tempat-tempat yang angker atau seram tersebut untuk tujuan wisata.

Berikut ini adalah 3 tempat wisata berhantu di Indonesia.

  1. Lawang Sewu

lawang sewu

Lawang Sewu berada di kota Semarang, Jawa Tengah. Secara harfiah, Lawang Sewu berarti seribu pintu, meski sebenarnya jumlah pintunya tidak sebanyak itu. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904–1907, dan awalnya dipakai sebagai kantor pusat perusahaan kereta api regional wilayah Jawa Tengah yang dikelola oleh Belanda, yaitu Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

baca juga : Keindahan Bukit Lawang Medan

Namun setelah Jepang berkuasa di Indonesia, gedung ini pun diambil alih dan ruang bawah tanahnya dijadikan sebagai saluran pembuangan air dan juga ruang tahanan sekaligus penyiksaan. Penjara bawah tanah ini menjadi saksi atas penyiksaan dan pembantaian terhadap orang-orang Indonesia, yang dilakukan oleh tentara Jepang pada saat diberlakukannya kerja paksa atau romusha. Suasana di tempat ini membuat bulu kuduk berdiri, apalagi saat memasuki salah satu sudut ruang sempit yang berbentuk seperti kolam-kolam kecil yang dulu dijadikan tahanan.

  1. Gua dan Makam Tana Toraja

Gua dan Makam Tana Toraja

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat yang paling horor di Indonesia. Di sini banyak menawarkan nuansa yang tidak biasa dan membuat bulu kuduk berdiri. Belum lagi upacara adat untuk mengantar jenazah dengan menjadikannya sebagai mayat hidup.Setidaknya ada lima jenis pemakaman di Tana Toraja yang anti-mainstream, dari kuburan gua, tampang allo sangalla, kuburan gantung, tampangallo dan kuburan batu Liang.

baca juga : Keindahan Air Terjun Sipiso-piso

  1. Gunung Merapi

Gunung Merapi

Terletak di Yogyakarta, Gunung Merapi yang masih aktif ini sudah meletus sebanyak 68 kali sejak tahun 1548 sampai sekarang. Selain cukup berbahaya, ternyata Gunung Merapi menyimpan banyak misteri. Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi favorit dengan ketinggian puncak 2.930 meter di atas permukaan laut. Banyak pendaki mengenal puncak gunung itu dengan sebutan Puncak Garuda. Banyaknya korban karena letusan gunung tersebut membuat adanya larangan mendaki hingga sampai puncak tertinggi. Karena di sini diyakini ada suara-suara aneh seperti suara gamelan, atau keramaian pasar pada malam hari.